5 Jenis Kulit Wajah: Kenali Ciri-cirinya & Cara Perawatannya

Langkah pertama buat menentukan jenis perawatan kulit yang cocok adalah dengan memahami karakteristik dan jenis kulit wajah. Dengan mengenal jenis kulit wajah, kamu bakal lebih gampang buat memilih produk kecantikan yang sesuai kebutuhan kulit. Tapi, yakin nih kamu udah tahu banget jenis kulit kamu kaya apa? Kalo masih belum yakin, yuk cari tahu ciri-cirinya di bawah ini.

Buat menentukan skin care terbaik, kamu nggak hanya perlu memperhatikan komposisi dan kandungan dalam produk. Yang paling penting, kamu harus tahu jenis kulit wajah mu terlebih dulu biar bisa menemukan apa aja sih yang harus dilakukan buat mengurangi flaws di kulit. Sayangnya, masih banyak nih yang belum begitu paham gimana caranya mengenal jenis kulit sendiri.

Nggak perlu khawatir, kita bakal kasih tahu beberapa tips dan ciri-ciri kulit buat menentukan apakah jenis kulit wajah kamu termasuk normal, kering, berminyak, atau sensitif. Penasaran dong pengen tahu hasilnya kaya apa? Yuk simak ciri-cirinya berikut.

1. Kulit normal

Kulit normal biasanya ditandai dengan corak warna yang merata serta teksturnya yang halus. Kamu juga nggak melihat adanya pori-pori yang membesar, komedo yang tampak, atau daerah T yang mengkilap. Pokoknya, jenis kulit wajah normal nggak memiliki flaws yang bisa bikin kamu ketar-ketir nggak PD. Pemilik kulit normal pun nggak sulit buat menemukan produk perawatan kulit yang pas. Tinggal perbanyak hidrasi dan exfoliating biar kulit selalu sehat dan cerah.

2. Kulit kering

Pas diraba aja, kamu bakal ngerasai sensasi kesat di kulit. Bisanya, kalo kulit kamu kering atau dehidrasi, kamu juga bakal liat bagian kulit yang mengelupas di sekitar area bibir dan daerah T. Pori-pori wajah pun biasanya keliatan lebih besar di kulit kering. Udah gitu, kulit kering juga rentan terhadap tanda penuaan dini yang bisa ditandai dengan munculnya garis halus di sudut mata atau sudut bibir. Untuk perawatannya, kamu dianjurkan menggunakan hydrating toner dan moisturizer yang mengandung vitamin E, hyaluronic acid, atau aloe vera.

3. Kulit berminyak

Kulit berminyak bisa dibilang paling rentan terhadap jerawat. Produksi minyak berlebih yang bercampur dengan polusi dan debu bisa meningkatkan risiko iritasi di kulit dan jerawat membandel. Biasanya nih, pemilik kulit berminyak bakal keliatan lebih shiny di daerah T. Tapi, kulit berminyak justru bisa berubah jadi super kering di musim dingin. Buat meminimalisir efek buruk dari kulit berminyak, kamu bisa produk eksfoliasi yang ampuh buat mengangkat sel kulit mati dan menyeimbangkan produksi minyak di kulit.

4. Kulit sensitif

Kulit sensitif sering ditandai dengan kemerahan pada kulit, kulit yang sering terasa kering dan gatal, serta sensasi terbakar yang sering muncul di kulit. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari hormon, sampai reaksi alergi pada zat-zat tertentu. Makanya nih, buat pemilik kulit sensitif, usahain buat pakai produk perawatan kulit yang nggak mengandung alkohol dan bahan pewangi biar nggak menimbulkan reaksi berlebihan di kulit.

5. Kulit kombinasi

Sama seperti namanya, kulit kombinasi punya masalah yang kompleks. Biasanya sih kulit kombinasi terasa kering banget, tapi di lain waktu justru bisa berminyak. Permasalahannya juga beragam, mulai dari jerawat, komedo, sampai pori-pori membesar.

Kulit kombinasi biasanya disebabkan faktor genetik maupun perubahan cuaca. Karenanya, penting buat pemilik kulit kombinasi untuk menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung hyaluronic acid atau zat astringent seperti tea tree oil biar wajah selalu bersih dan terbebas dari minyak.

Nah, itu dia beberapa jenis kulit, ciri-cirinya, serta cara perawatannya. Biar kulit selalu sehat, kamu juga mesti memperhatikan makanan, cuaca, serta zat-zat yang terkandung dalam produk perawatan kulit. Jangan lupa juga buat selalu pakai tabir surya tiap keluar rumah agar kulit selalu terlindungi dari efek buruk sinar matahari.

Source: https://id.priceprice.com/kecantikan/news/Mau-Tahu-Jenis-Kulit-Kamu-Coba-Perhatikan-Ciri-cirinya-Berikut-Ini-7282/