5 Masker Bahan Alami Ini Tidak Boleh Dioleskan Langsung ke Kulit Wajah

Mengaplikasikan masker memang dapat membantu mengatasi masalah pada kulit wajah, menyerap minyak berlebih, mengeluarkan kotoran hingga mengelupasi sel-sel mati. Seperti yang diungkapkan oleh At Home Diva, bahwa masker wajah memiliki agen pelembab seperti minyak alami, vitamin serta mineral yang akan membantu membuat kulit wajah lebih kenyal dan elastis.

Ada banyak toko jual masker wajah, namun beberapa orang lebih memilih bahan alami yang langsung diaplikasikan ke wajah, Namun selama ini memang merawat kulit wajah dengan bahan alami nyatanya lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Tapi ternyata kamu perlu berhati-hati. Ini dia 5 masker bahan alami yang tidak boleh dioleskan langsung ke wajah. Berikut ulasannya :

1. Alkohol terlalu keras untuk kulit wajah

Alkohol memang punya sifat anti bakteri dan memiliki sensasi dingin. Kini alkohol sudah banyak digunakan ke dalam produk skincare.

Namun secara signifikan alkohol yang sudah lama dikenal ampuh membersihkan wajah, ternyata bukanlah cairan yang baik untuk masker.

Sayangnya mengoleskan alkohol ke kulit wajah bisa berbahaya dan cara ini terlalu keras untuk kulit, dampaknya rentan mengalami inflamasi.

Dilansir dari Gq.com, bahwa alkohol dapat melebarkan pori-pori kulit wajah dan menimbulkan komedo. Bahkan juga menyebabkan papula kulit yang meradang dan jerawat kistik dalam jangka panjang.

Jadi sebaiknya hentikan kebiasaan menambahkan bahan masker dengan alkohol, ya.

2. Baking soda bukan bahan yang aman

Jerawat terjadi ketika pori-pori di wajah menjadi tersumbat dengan minyak yang diproduksi secara alami oleh tubuh.

Tapi menggunakan baking soda sebagai bahan alami untuk masker wajah adalah bukan cara yang aman.

Medical News Today mengungkapkan, bahwa soda kue memiliki tingkat pH 9 yang artinya basa dan dapat merusak kulit wajah serta menyebabkan beberapa efek samping yang tidak menyenangkan.

Dampak buruk penggunaannya seperti kulit menjadi sangat kering, timbulnya keriput, jerawat memburuk, menipiskan lapisan kulit dan menyebabkan bakteri mudah berkemban

3. Bawang putih memiliki senyawa kimia yang harus dihindari

Kini banyak orang yang benar-benar akan mencoba apa saja atas nama kecantikan. Salah satunya penggunaan masker berbahan alami.

Tapi sayangnya kandungan dari bawang putih sebagai bahan organik untuk masker ialah terlalu keras untuk kulit.

Menurut Dr Philippa Lowe, ahli Dermatologi dan Ahli Perawatan Kulit Sederhana yang dikutip dari
Cosmopolitan.com, bahwa sifat antimikroba dari Allicin pada bawang putih ialah senyawa kimia yang harus dihindari dan menjadi peringatan dalam pengaplikasiannya secara langsung.

Memakai masker dari bawang putih pada titik jerawat dapat menyebabkan dermatitis dan membuatnya jadi melepuh yang sangat menyakitkan.

4. Lemon punya tingkat keasaman yang sangat tinggi

Vitamin C dari lemon memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh maupun kulit.

Namun sayangnya menggunakan lemon sebagai bahan alami di wajah dapat membuat kulit terasa perih karena tingkat keasamannya yang sangat tinggi.

Jadi kamu harus hati-hati, tidak boleh mengoleskan begitu saja memakai perasan air jeruk lemon langsung ke wajah.

Healthline mengatakan, bahwa iritasi kulit adalah efek samping paling umum dari penggunaan masker alami dari buah lemon.

Mungkin juga penggunaannya akan mengalami kekeringan yang berlebihan, kemerahan dan kulit mengelupas. Jadi, penggunaan lemon sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit kita ya, efek panas dan mengelupas bisa sangat terasa pada jenis kulis super sensitif.

5. Mayonaise berisiko menimbulkan reaksi alergi

Kamu suka pakai masker wajah mayonaise? Lalu berapa lama kamu membiarkannya?

Ya, sebenarnya mayonaise tidak bisa dijadikan masker wajah. Kandungan lemak dan minyaknya bisa menyumbat pori-pori wajah.

Apalagi jika kulit kamu memiliki jenis yang mudah berjerawat, maka penggunaan masker dari mayonaise dapat semakin berminyak dan berisiko berjerawat.

The List.com memaparkan, mayonaise memang memiliki banyak kegunaan saat memakan sesuatu seperti keripik. Tapi sayangnya kemungkinan besar menggunakan masker dari mayonaise akan berisiko menimbulkan reaksi alergi dan iritasi kulit.

Nah, sekarang kamu sudah tahu dong kelima bahan alami perawatan kulit wajah yang sebaiknya tidak dioleskan secara langsung.