Alasan Pentingnya Motion‌ ‌Grafis‌ Untuk Bisnis Anda

Motion graphic adalah teknik untuk menggerakkan sehingga objek terlihat tidak membosankan, namun terlihat dinamis dan menarik. Terdapat dua metode dalam teknik ini, yakni dengan menggerakkan gambar, atau menggabungkan sequence gambar-gambar yang memiliki kontinuitas sehingga terlihat bergerak.

Dalam pembuatannya, motion graphic tersusun atas beberapa elemen yang penting untuk membuat audience tidak merasa bosan. Elemen-elemen tersebut antara lain timing, pergerakan dan atraksi.

Dalam penggunaan timing dapat membuat perbedaan yang mendasar dalam menciptakan suatu atmosfer yang tepat seperti munculnya retakan pada visual yang sebaiknya ditunjukkan satu per satu dari atas ke bawah, sehingga terlihat retakan tersebut seolah-olah sedang terjadi. Sementara itu, penggunaan pergerakan diperlukan untuk membuat suatu animasi terlihat lebih nyata. Misalnya, bila terdapat sebuah animasi seseorang sedang berjalan, maka background dapat diletakkan gambar lampu-lampu jalan dan perumahan yang bergerak ke arah berlawanan namun lambat. Di sini lain, atraksi akan mengedepankan perhatian audiens.

Dalam perbisnisan, strategi pemasaran dengan motion grafis cukup memberikan dampak yang baik. Berikut ini akan dibahas mengenai fungsi dan manfaat motion grafis dalam bisnis.

Ada banyak jenis video yang ditawarkan kepada pelaku bisnis yang bisa digunakan sebagai aset marketing. Suatu perusahaan dapat menggunakan video profil atau testimoni untuk membangun dan memperkuat pencitraan yang baik dari perusahaan tersebut.

Fungsi Motion Grafis

Fungsi motion grafis adalah sebagai kelengkapan alat untuk melengkapi media pemasaran yang berbentuk multimedia. Zaman sekarang mulai bermunculan media komunikasi yang unik yang menggabungkan antara komunikasi visual dengan cerita melalui gerak serta suara. Beberapa fungsi dari motion grafis bisa berupa pembuatan video explainer hingga company profile.

Bagi seorang desainer grafis, menguasai motion graphics adalah wajib karena desainer grafis dituntut untuk selalu dinamis dan mengikuti perkembangan zaman yang berkaitan dengan desain grafis. Berikut ini beberapa fungsinya:

  • Memudahkan dalam membuat video animasi tidak lagi menjadi terlalu sulit

  • menggabungkan foto, video, dan suara untuk menjelaskan produk secara lebih baik

  • Membuat desain iklan yang lebih kreatif.

  • Memenuhi kebutuhan promosi dengan audio-visual yang lebih baik.

  • Memudahkan dalam membuat video explainer dan company profile perusahaan.

  • Membuat teks atau tulisan menjadi bergerak atau berkedip.

Manfaat Motion Grafis dalam Aset Market Perusahaan

Prediksi penggunaan video akan terus mengalami peningkatan karena video merupakan alat marketing yang ampuh dalam mendukung kegiatan promosi produk dan brand yang dimiliki oleh setiap perusahaan.

Video dapat dikatakan ampuh karena video menggunakan berbagai macam elemen, seperti gambar bergerak, suara, dan tulisan yang dihadirkan kepada audiens.

1. Mempromosikan Branding dengan Cara Yang Unik

Motion Graphic memberikan kemungkinan bagi perusahaan Anda untuk membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin. Anda dapat membuat hewan menjadi bisa berbicara, tanaman juga dapat berbicara dan dapat menari, serta hal-hal lainnya.

Promosi juga bisa dalam bentuk video live action yang digabungkan dengan animasi motion graphic, sehingga pesan yang disampaikan jauh berbeda dari pada dalam bentuk live action yang sederhana.

2. Mempromosikan Branding dengan Menarik dan Mudah Diingat

Motion Graphic hadir dengan berbagai macam jenis gaya dan desain. Mulai dari desain yang sederhana hingga desain yang sangat rumit. Desain yang sederhana saja sudah bisa mewakili pesan yang akan disampaikan dan cukup mudah diingat bagi audiences yang menyaksikannya.

Dengan demikian, Anda dapat menyampaikan pesan menjadi tidak terlalu rumit, sehingga akan lebih mudah dimengerti oleh audiens dalam melakukan promosi.

3. Biaya Yang Lebih Efisien

Jika Anda membandingkan biaya video live action dengan motion graphic tentu perbedaannya sangat jauh berbeda. Untuk video live action secara teknis akan membutuhkan perlengkapan yang lebih banyak, sedangkan motion graphic dapat dikerjakan di ruangan. Selain itu, proses kreatif dari keduanya memiliki porsi yang sama.

Anda tidak perlu kamera dan peralatan yang canggih untuk membuat video live action bisnis Anda. Namun, hadirnya motion graphic dapat dikerjakan lebih mudah dengan alat-alat yang lebih sederhana, cukup dengan laptop atau komputer yang terinstal program/software motion graphic. Bahkan saat ini telah tersedia juga aplikasi berbasis Android yang bisa Anda gunakan secara gratis di Smartphone.

4. Waktu Yang Lebih Fleksibel dan Efektif

Motion Graphic dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan promosi bisnis Anda. Seluruh kelengkapan dalam membuat motion graphic dimulai dari nol, sehingga dapat dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya. Kemudahan tersebut tentu dapat digunakan untuk semua kalangan, dan ini cocok sekali untuk branding atau membuat marketing kit yang berbeda di setiap bulannya.

Pada umumnya, Motion Graphic dibuat dengan durasi 3 menit 30 detik, sehingga durasi ini sangat cocok untuk dipasang di media sosial seperti facebook, youtube, instagram, dan lain sebagainya. Dan saat ini sudah banyak sekali iklan motion graphic yang muncul yang mengiklankan brand atau produk tertentu.

5. Pesan Tersampaikan dan Dapat Dipahami Secara Lebih Utuh

Audiences dapat memahami 95% lebih informasi yang diterima saat melihat video. Ketika audiens mendapatkan visual yang berbeda mulai dari tampilan grafik dan tulisan yang mudah dipahami, maka akan lebih memfokuskan pada video tersebut.

Jika Anda ingin menyebarluaskan informasi tentang bisnis Anda dengan cara yang menarik dan efisien maka motion graphics adalah jawabannya.

6. Membuat Informasi Menjadi Lebih Berkesan

Bukan hanya terjadi sekali atau dua kali saja, ketika Anda memiliki banyak data yang ingin disampaikan maka durasi video akan semakin panjang. Padahal semakin panjang video juga berpengaruh terhadap jumlah orang yang mau menonton video tersebut hingga selesai.

Dengan menggunakan motion graphics maka jumlah data yang banyak dapat dipadatkan dan dirangkum sesuai dengan kebutuhan promosi Anda. Data-data yang terkesan membosankan bisa menjadi menarik dan mudah dipahami.

7. Memberikan Kesan Modern

Multimedia merupakan bukti perkembangan teknologi yang selalu dekat dengan kehidupan yang lebih modern. Dengan menggunakan media berupa motion grafis, maka sudah tentu perusahaan Anda mendapat mengikuti perkembangan zaman dan tampak lebih modern.

Tips Memilih Jasa Motion Grafis

Meskipun dapat dilakukan sendiri dengan sederhana, namun motion grafis harus dibuat dengan memperhatikan beberapa elemen yang saling berkesinambungan satu sama lain. Maka dari itu, pekerjaan ini lebih cocok dilakukan oleh desainer grafis yang sangat paham dengan elemen-elemen tersebut.

Menggunakan jasa motion grafis adalah solusi yang tepat buat Anda. Namun, Anda tetap harus waspada dengan banyaknya penyedia jasa motion grafis yang beredar di internet. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih jasa yang benar.

  • Pilihlah jasa yang memiliki banyak testimoni positif dari para pelanggan terdahulu.

  • Pilihlah jasa yang memiliki pengalaman dengan melihat CV, sertifikat, atau portofolio yang meyakinkan.

  • Pilihlah jasa yang memberikan pelayanan terbaik dengan cara melihat respon yang diberikan ketika Anda berkomunikasi dengan penyedia jasa tersebut.

  • Perhatikan penawaran harga yang diberikan, dan lakukan perbandingan harga agar mendapatkan harga yang sesuai

  • Mengetahui waktu atau deadline yang ditawarkan terhadap jasanya.

  • memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan juga sangat memperhatikan setiap detail dalam pekerjaan.

  • Layanan revise pekerjaan, keamanan transaksi, dan garansi uang kembali.

Jika Anda benar-benar memutuskan untuk menggunakan jasa motion grafis, maka pilihlah jasa yang terpercaya melalui Fastwork. Platform Fastwork merupakan startup yang menyediakan berbagai pilihan jasa freelance terbaik dari seluruh Indonesia.

Fastwork memberikan kemudahan kepada Anda dalam mencari jasa freelance yang sesuai kebutuhan perusahaan Anda termasuk jasa untuk motion grafis. Fastwork telah melakukan verifikasi yang ketat terhadap seluruh freelancer yang bergabung dan menawarkan jasanya. Maka dari itu, jasa motion grafis dan desain grafis lainnya yang ada pada fastwork sudah pasti memiliki profesional dalam menawarkan jasanya.