Cara Memilih Sunscreen Yang Tepat Sesuai Jenis Kulit Kamu

Melindungi tubuh dari sinar UV yang dapat merusak kulit itu wajib dilakukan setiap hari. Terlebih yang sering beraktivitas di luar ruangan. Berbagai produk sunscreen di pasaran berlomba-lomba menawarkan keunggulannya hingga membuat pusing ketika harus memilih.


Sesuaikan dengan tipe jenis kulitmu.

Seperti yang kita tahu, tipe, jenis, dan warna kulit setiap orang berbeda. That’s why, cara merawat wajah pun harus disesuaikan dengan jenis kulitmu. Yuk, simak cara memilih sunscreen yang cocok untuk kulitmu!

  • Kulit wajah sensitif

Pastikan produk yang akan kamu beli bebas kandungan PABA dan oxybenzone, karena dua zat ini bisa memicu iritasi kulit.

Pilihlah sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dionxide, sebab dua kandungan ini lebih lembut sehingga aman dipakai untuk kulitmu yang sensitif.

  • Kulit berminyak

Usahakan sunscreen pilihanmu berbahan dasar air, agar pori-pori kulit nggak tersumbat.

Ketimbang sunscreen berbentuk cream, pilihlah sunscreen berbentuk losion. Sebab, sunscreen berbentuk cream bisa membuat kulit semakin berminyak.

  • Kulit kering

Pilihlah sunscreen berbentuk losion karena lebih efektif melembapkan kulit.

Bila perlu, gunakan sunscreen yang mengandung ekstrak lidah buaya atau minyak jojoba agar bisa sekaligus meningkatkan kelembapan alami kulit.

Sesuaikan juga dengan aktivitasmu

Aktivitas yang kamu lakukan setiap hari juga memengaruhi pilihan sunscreen yang tepat untuk kulitmu. Jadi, bila kamu tergolong sering beraktivitas di luar ruang dalam durasi yang cukup lama, pilihlah produk yang mengandung SPF tinggi. Sebagai info, SPF ialah satuan yang menyatakan lama waktu sebuah produk sunscreen bisa melindungi kulit dari bahaya UV. Misalnya, bila pada kemasan sunscreen tertera tulisan SPF 30, artinya kulit kamu akan terlindungi dari sinar UV 30 kali lebih lama dibanding saat kulit tidak diberi sunscreen. Makin tinggi kadar SPF, makin lama pula perlindungan yang mampu diberikan sunscreen pada kulitmu, Girls.

Menyesuaikan sunscreen yang digunakan dengan bagian tubuh yang hendak dilindungi juga jadi tips merawat kulit yang perlu kamu ketahui. Karena kulit di area wajah lebih halus dan sensitif dibandingkan kulit di area tubuh lainnya, gunakan sunscreen dengan SPF lebih tinggi untuk area yang satu ini.