Ini masker wajah yang cocok untukmu yang kerja di rumah

Memiliki wajah yang senantiasa terlihat cerah dan menawan adalah dambaan setiap orang, baik wanita maupun pria.

Dengan memiliki wajah yang ‘glowing’, hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan rasa percaya diri. Sayangnya, ada saja faktor-faktor yang menyebabkan wajah tidak secerah yang diidam-idamkan. Lebih parahnya lagi, wajah justru mengalami sejumlah masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

Dari berbagai macam cara untuk merawat wajah, masker wajah alami adalah salah satu pilihan terbaik. Sama-sama efektif seperti produk masker wajah non-alami, masker wajah alami memiliki nilai plus yakni lebih aman dikarenakan terbuat dari bahan-bahan alami. Pun, tidak akan menguras kantong!


1. Masker untuk mencerahkan kulit

Kamu yang #dirumahaja tidak terpapar sinar matahari yang mengandung UVA UVB. Kulit kamu terjaga tanpa harus menggunakan sunscreen. Nah, mumpung kamu dirumah, gunakan kesempatan ini untuk mencerahkan kulit wajah tanpa takut dibuat belang oleh sinar matahari!

Gunakan bahan tomat untuk memutihkan kulit. Tomat adalah bahan alami lainnya yang patut Anda coba sebagai masker alami untuk memutihkan wajah.

Kandungan vitamin B (B1, B3, B5, B6, B9) menurut penelitian efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi kulit yang menjadi penyebab kulit wajah terlihat gelap.

Cara membuat masker wajah alami dari tomat adalah sebagai berikut:

  • Tumbuk tomat hingga halus

  • Campurkan tomat dengan air, kemudian aduk hingga menjadi pasta

  • Oleskan pasta tomat ke kulit wajah secara merata

  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit

  • Bilas wajah sampai bersih setelah selesai

  • Lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu


2. Masker untuk melembabkan kulit

Berada didalam rumah setiap hari membuat kulit kamu bisa kering, loh! Terutama ketika kamu menggunakan AC setiap saat. Ditambah lagi, kulit kering tidak hanya bisa terjadi pada wajah tetapi juga pada kulit tangan. Mencuci tangan memang penting, tetapi terlalu sering mencuci tangan membuat permukaan kulit tangan mengering.

Jangan biarkan hal itu terjadi! Gunakan bahan madu untuk melembabkan secara alami kulitmu! Tak hanya mengatasi wajah berminyak dan berjerawat, madu juga bisa dijadikan masker alami guna mengatasi wajah kering.

Berikut ini adalah cara menggunakan masker wajah dari bahan dasar madu:

  • Siapkan satu sendok makan madu murni

  • Oleskan madu pada kulit wajah secara merata

  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit

  • Bilas wajah sampai bersih

  • Lakukan secara rutin 1 kali sehari

3. Masker untuk menghaluskan kulit

Karena kulit yang kering akibat #dirumahaja, kulit akan cenderung kasar dan pecah-pecah. Hindari hal ini terjadi pada kulitmu. Jaga kulitmu menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun dan gula. Minyak zaitun memiliki manfaat untuk kulit yaitu dapat membersihkan sebum dan bakteri serta melembapkan kulit. Minyak zaitun mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin K, vitamin E serta antioksidan yang baik untuk kulit.

Salah satu cara menghaluskan kulit wajah secara alami yaitu dengan membuat scrub alami untuk eksfoliasi wajah dari minyak zaitun dan gula. Eksfoliasi kulit dengan minyak zaitun berfungsi untuk meregenerasi sel kulit mati sehingga kulit lebih halus dan cerah.

Caranya dengan menyiapkan setengah cangkir gula dan 1 sendok minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut. Kemudian setelah menjadi scrub, aplikasikan pada wajah dan gosok dengan perlahan. Bilas wajah hingga bersih.