Jangan Malas Pakai Sunblock! Ternyata Ini Akibatnya!

Sinar ultraviolet (UV) tidak hanya muncul saat musim kemarau saja, lho! Pemakaian produk tabir surya perlu dilakukan sepanjang tahun untuk menjaga kulit senantiasa cantik dan sehat. Saat ini sudah banyak produk sunscreen dan sunblock yang dijual di pasaran, mulai dari produk keluaran merek Biore, Shiseido, Neutrogena, Kiehl’s, Skin Aqua, sampai produk tabir surya dalam bentuk spray yang praktis.

Pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan produk tabir surya terbaik di pasaran. Ada produk tabir surya dengan kandungan SPF dan PA sangat tinggi, tabir surya yang bisa dipakai sebagai foundation, sampai yang tahan air sehingga dapat dipakai berenang. Nah, produk tabir surya seperti apa yang paling direkomendasikan, ya?!


Pentingnya penggunaan produk tabir surya

Sinar UV sering kali disebut sebagai penyebab utama dari penuaan dini pada kulit. Jika Anda menggunakan tabir surya secara benar dan merawat kulit dengan perlindungan sinar UV setiap hari, kulit Anda akan terjaga kesehatannya. Beberapa merk skincare yang menyediakan sunscreen seperti produk kiehl's sunblock, skinaqua hingga biore mengandung SPF yang dapat melindungi kulit dari sinar UV. Pertama-tama, ketahuilah apa saja pengaruh buruk sinar UV terhadap kulit Anda dan bagaimana langkah-langkah penanganannya.

  • Sinar UV menyebabkan wajah menjadi kering

Ada data yang menyebutkan bahwa kadar air dalam kulit akan berkurang walaupun hanya terkena sinar UV selama 20-30 menit. Apabila saat itu Anda tidak menggunakan produk tabir surya, kulit akan terkena dampak dari sinar UV meskipun hanya dalam waktu sepuluh menit yang terbilang sebentar.

Apabila kandungan air di dalam kulit berkurang, sel lapisan terluar kulit akan sulit untuk berkembang. Hal ini mengakibatkan menurunnya fungsi pelindung kulit Anda sehingga kulit menjadi kering. Sel kering yang berada di lapisan terluar epidermis akan bertambah jumlahnya dan menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar.

Dari situ, kulit bisa terjebak dalam siklus buruk yang mana kulit yang kasar akan membuat wajah terlihat gosong dan meradang akibat sinar UV.

  • Sinar UV menjadi penyebab timbulnya flek dan bintik-bintik pada wajah

Ketika wajah terbakar sinar matahari, kulit bagian dalam akan menghasilkan melanin. Apabila melanin tidak bisa disekresi dengan baik, kulit akan terus-menerus berupaya memproduksi melanin dan membuat melanin tersebut mengakar pada kulit bagian dalam. Hal ini mengakibatkan munculnya flek dan bintik-bintik pada wajah.

Di samping itu, tubuh memproduksi hormon luteinizing lebih banyak dari biasanya saat wanita mengalami menstruasi. Karena hormon luteinizing ini memiliki fungsi yang dapat meningkatkan kepekaan terhadap sinar UV, kulit Anda menjadi lebih mudah terbakar. Fenomena ini juga terjadi pada orang hamil atau yang sedang mengonsumsi pil selama kehamilan. Oleh sebab itu, menjelang masa menstruasi, gunakanlah produk perlindungan terhadap UV lebih rutin.

Ketahui perbedaan antara kandungan SPF dan PA

Mungkin banyak dari Anda yang sering melihat tulisan “SPF” dan “PA” di kemasan produk seperti kiehl's sunblock, garnier, hingga innisfree. Namun, tak banyak orang yang mengetahui arti atau perbedaan dari kedua komponen tersebut. Berikut ini adalah perbedaannya.

– SPF: Komponen dengan indikator yang memblokir sinar UVB. SPF mampu mencegah kulit Anda dari terbakar matahari (sunburn)

– PA: Komponen dengan indikator yang memblokir sinar UVA. PA akan mencegah kulit Anda mengalami perubahan warna menjadi cokelat (suntan) akibat matahari

Ketika mendapat paparan sinar ultraviolet yang kuat, kulit kita akan berubah kemerahan atau menjadi lecet. Yang menjadi penyebab utamanya adalah sinar UVB. Kondisi demikian disebut sunburn atau kulit terbakar matahari karena terpaan sinar ultraviolet. Kulit yang merah meradang ini akan terasa pedih dan berlangsung hingga beberapa hari. Memang pada akhirnya kulit Anda akan terkelupas dan sembuh dari sakit, tetapi kulit Anda akan menghitam. Kondisi demikian disebut suntan dan penyebab utamanya adalah sinar UVA.

Tergantung masing-masing orang, Anda mungkin akan mengalami sunburn dan suntan yang berbeda. Oleh sebab itu, tabir surya memainkan peran yang penting untuk mencegah penyakit kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet.

Source: https://my-best.id/1674