3 Trik Khusus Dibalik Meningkatnya Performa Sepatu Olahraga!

Lari kini bukan lagi sekadar olahraga biasa, namun sudah dianggap sebagai gaya hidup oleh sebagian orang. Tidak heran, karena olahraga lari memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Mulai dari mengurangi risiko penyakit, menurunkan berat badan, hingga membuat kita lebih bahagia.

Nah, untuk menunjang hal tersebut, tentunya kamu membutuhkan sepasang sepatu yang nyaman untuk digunakan saat berlari. Dari banyaknya merek sepatu lari, jadi salah satu merek yang kerap direkomendasikan.

Alasannya, selain karena harganya yang terjangkau, sepatu ini juga menawarkan kenyamanan saat digunakan. Namun, banyak yang mengabaikan bahwa kenyamanan dan ketahanan sepatu running tergantung dari bagaimana cara kamu merawatnya.

Agar sepatu kamu bisa awet dan tahan lama, berikut tips merawat sepatu running.

1. Kotoran dapat Merusak Sepatu

Setelah menggunakan sepatu, pastikan kamu membersihkannya terlebih dahulu sebelum menyimpannya kembali. Hal ini merupakan tips dasar yang harus kamu ketahui. Periksa dan bersihkan semua bagian sepatu, mulai dari insole hingga outsole. Bagian tersebut sangat memungkinkan batu-batu kecil untuk masuk dan merusak struktur sepatu. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan bahwa kamu sudah membersihkan semua kerikil yang ada.

Jika kamu berlari di daerah yang berpasir, segera bersihkan sepatu dari lumpur atau pasir yang menempel sebelum mengeras. Jika mengeras, hal tersebut akan mengurangi kualitas dari material sepatu sekaligus akan mempersulit jika kamu hendak membersihkannya.

2. Dimana Kamu Menyimpan Sepatu?

Setelah selesai dibersihkan, kamu bisa menyimpan sepatu pada kotak sebagai wadah agar si alas kaki tidak cepat terkena debu. Kamu juga harus memasukkan silica gel untuk menghindari jamur dan bau tidak sedap pada sepatu.

Jika kamu menyimpan pada rak sepatu, usahakan agar sepatu tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari langsung bisa berakibat pudarnya warna sepatu kesayangan kamu.

3. Trik saat mencuci sepatu

Mungkin, ini jadi tips paling penting dalam merawat sepatu running kamu. Saat hendak mencuci, jika memungkinkan, kamu bisa melepas bagian insole dan cuci terpisah. Hal ini bertujuan untuk membantu bagian dalam sepatu jadi lebih bersih. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu juga bisa melepas tali sepatu dan mencucinya secara terpisah.

Saat hendak mencucinya, sebisa mungkin jangan pernah mencuci sepatu dengan menggunakan mesin cuci. Ada materi dan bahan pada sepatu yang memang tidak boleh terpapar panas dan direndam air.

Kamu bisa mencucinya secara manual dengan menggunakan sikat gigi bekas serta produk pembersih khusus sepatu. Pastikan semua kotoran yang menempel di permukaan bersih secara sempurna.

Tidak berhenti sampai di situ. Kamu juga tidak boleh sembarangan menjemurnya. Agar sepatu running jadi lebih awet dan tahan lama, usahakan jangan jemur sepatu olahraga di bawah sinar matahari langsung. Sebab, hal tersebut akan mengubah bentuk sepatu.

Sebaliknya, kamu bisa mengeringkannya secara alami dengan membiarkannya di ruangan yang terkena angin, serta buka lidah sepatu dan masukan koran bekas. Kertas tersebut akan menyerap kelembapan di dalam sepatu. Namun, proses ini akan memakan waktu yang cukup lama. Sebaiknya, kamu memiliki beberapa pasang sepatu lari untuk kamu gunakan.