Rekomendasi Shampoo Terbukti Ampuh Untuk Mengurangi Rambut Rontok

Ada sekitar 100.000 helai rambut yang dimiliki oleh setiap orang. Layaknya manusia, setiap rambut yang tumbuh juga memiliki siklus kehidupan. Setiap rambut biasanya tumbuh sekitar 1.2 cm per bulan, dan akan bertahan hingga dua sampai enam tahun lamanya. Setelah sebuah siklus selesai, rambut akan rontok dengan sendirinya sehingga rambut baru bisa tumbuh. Setiap orang bisa kehilangan 50 hingga 100 rambut per harinya.

Namun, rambut rontok tidak selalu terjadi secara alami. Berbagai faktor pun bisa menjadi penyebab rambut kamu terus berguguran. Masalah rambut rontok tak hanya menjadi masalah pria, tetapi juga wanita. Rambut rontok seringkali tidak disadari, hingga kamu melihat banyak rambut berceceran di lantai, tersangkut di sisir, atau saluran air menjadi tidak lancar setelah keramas.

Mengenali berbagai penyebab rambut rontok

Ada baiknya untuk mengenali penyebab rambut rontok terlebih dahulu. Dengan mengetahui akar penyebabnya, akan lebih mudah menentukan shampo untuk rambut rontok mana yang sebaiknya kamu pakai.

Penyebab rambut rontok sebenarnya bermacam-macam. Mulai dari kondisi kesehatan seperti kekurangan zat besi dan protein, kurap, stres berlebih hingga masalah thyroid. Polycystic ovary syndrome yang menyebabkan tubuh lebih banyak memproduksi hormon pria (androgen) pun akan memicu rambut untuk tubuh lebih banyak di area wajah daripada kepala. Begitu juga dengan kondisi alopecia areata yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang membuat rambut rontok di area tertentu.

Gaya hidup pun memiliki peran penting untuk mencegah rambut rontok berlebihan. Salah satu gaya hidup yang perlu diterapkan jika kamu ingin rambut lebih sehat dan tidak rontok berlebihan adalah untuk tidak merokok. Racun yang ada di asap rokok bisa mengganggu pertumbuhan rambut dan kemampuannya bertahan untuk tidak rontok dini.

Tidak semua orang memiliki akar rambut yang kuat untuk menopang rambut panjang. Jika kamu salah satunya, rambut yang terlalu panjang cenderung mudah rontok karena terlalu berat untuk akar rambut. Kebiasaan menata rambut dengan alat pemanas rambut dan pengering rambut dapat membuat rambut lebih rapuh, sehingga mudah patah dan rontok. Penggunaan bahan kimia terlalu sering dan berlebih seperti cat rambut, bleach, hair spray, bahkan shampo juga dapat menyebabkan masalah yang sama. Begitu juga dengan mengepang atau mengikat rambut terlalu kencang.

Rambut rontok yang terjadi karena patah dan kekurangan nutrisi bisa dikurangi dengan menggunakan shampo untuk rambut rontok. Shampo yang dirancang khusus ini umumnya memiliki formula yang bisa membuat rambut lebih kuat.

6 rekomendasi shampo untuk rambut rontok

1. Pantene Hair Fall Control

Shampo Pantene Hair Fall Control memiliki kandungan Pro-Vitamin yang membersihkan, menutrisi, sekaligus memperkuat rambut setiap kali keramas. Rambut menjadi tidak kusut saat basah ataupun kering, sehingga mengurangi rambut rontok.

2. Kérastase Specifique Bain Prevention

Shampo Kérastase Specifique Bain Prevention dirancang khusus untuk mencegah rambut rontok dan menipis yang cocok untuk digunakan dalam frekuensi yang sering. Shampo untuk rambut rontok ini memiliki teknologi Système Pro-Actif yang membantu mengoptimisasi sirkulasi mikro guna mengurangi rambut rontok, serta memberikan tekstur untuk menciptakan tampilan lebih bervolume.

3. Dove Total Hair Fall Treatment

Shampo Dove Total Hair Fall Treatment mampu mengurangi rambut rontok yang disebabkan karena patah. Shampo ini membuat rambut lebih kuat dan tak mudah rontok dengan memberikan menutrisi rambut dari akar hingga ke ujung rambut.

4. Tresemmé Hair Fall Defense

Shampo Tresemmé Hair Fall Defense membantu memperkuat rambut dan mencegah kerontokan yang disebabkan oleh rambut patah. Formula yang dimiliki oleh shampo ini dirancang khusus agar rambut kamu yang sudah rusak dan rentak patah sekalipun bisa menjadi lebih kuat, panjang, dan mudah diatur setelah setiap kali keramas.

5. Garnier Neril Anti Loss Guard

Shampo Garnier Neril Anti Loss Guard mampu membantu mengurangi rambut rontok akibat kekurangan nutrisi. Dua kandungan andalan di shampo untuk rambut rontok ini adalah chamomile dan birch, yang tak hanya berguna untuk mengatasi masalah rambut rontok, tetapi juga merangsang pertumbuhan rambut, menebalkan rambut, merawat rambut agar tetap sehat dan tebal.

6. Kiehl's Rice & Wheat Volumizing Shampoo

Campuran protein yang diturunkan secara alami dalam kandungan Kiehls shampoo dan poli-gula untuk menyegarkan dan menambah volume rambut tipis. Dengan Pure Honey dan ekstrak conditioning dari Jojoba Seed dan Rice Bran, sampo berbusa ringan kami membersihkan rambut, tidak meninggalkan residu yang berat sehingga terlihat dan terasa lebih sehat dengan tampilan yang lebih berisi dan tebal. Menciptakan kepenuhan dan tubuh tanpa mengikis rambut dari lipid alami Diformulasikan dengan Beras dan Protein Gandum dan ekstrak pengondisi dari Biji Jojoba dan Dedak Beras. Selain itu, ada pula shampo khusus pria untuk mencegah rambut rontok. Anda dapat cek produk di kiehls for men di official store.

Source: https://www.herworld.co.id/article/2019/3/10886-11-Rekomendasi-Shampo-untuk-Rambut-Rontok