Ini Nih 7 Tahapan Skincare Routine Sederhana Buat Kamu yang Pemula

Sebagai cewek, kita mesti banget menjaga kulit wajah kita biar selalu mulus, sehat, dan flawless.

Ini semua bakalan berpengaruh juga dengan banyaknya makeup yang kita pakai dan tingkat kepercayaan diri kita, nih!

Nah kalau kita masih pemula dalam hal merawat kulit wajah alias memakai skincare, enggak perlu takut, kok! Kita bisa ikut 7 tahapan skincare berikut ini yang bisa membuat wajah kita jadi mulus!

1. Pembersih wajah

Pembersih wajah adalah langkah pertama untuk membuat wajah kita jadi seperti impian! Pada umumnya, kita bisa menggunakan pembersih wajah biasa (facial foam untuk kulit berminyak dan creamy cleanser untuk kulit berminyak).

Namun kalau kita sering berkeringat, makeup tebal, dan suka berada di luar ruangan, sebaiknya gunakan juga double cleansing, ya. Teknik double cleansing adalah menggunakan cleansing oil untuk kulit berminyak atau cleansing balm untuk kulit kering terlebih dahulu sebelum mencuci muka dengan sabun pencuci muka biasa. Tujuannya adalah untuk menghilangkan segala kotoran dan makeup yang ada di permukaan wajah, nih.

2. Scrub wajah

Hal yang enggak boleh terlewatkan dalam hal membersihkan wajah adalah scrub wajah, nih. Setiap harinya, kulit kita bakalan menghasilkan sel kulit mati yang bakalan berganti dengan sel kulit baru. Kalau sudah sangat menumpuk, sel kulit mati bakalan membuat kulit kita kelihatan lebih kusam dan enggak sehat, deh! Nah, untuk menghilangkan sel kulit mati tersebut, kita butuh scrub wajah, lho!

3. Toner

Banyak orang menyepelekan toner, padahal toner sangat berguna untuk menjaga kebersihan wajah kita. Toner akan menyeimbangkan pH kulit dan menghilangkan residu makeup, kotoran, dan sabun pencuci muka yang masih menempel pada permukaan kulit kita. Wajah juga dijamin jadi makin terhidrasi dengan baik, deh!

4. Serum

Kenapa serum penting dipakai walaupun kita masih pemula? Serum bakalan bikin wajah kita makin flawless lagi karena formulanya memang dirancang khusus untuk menargetkan masalah kulit tertentu. Kalau kita butuh kelembapan, kita bisa pakai serum dengan kandungan hyaluronic acid, tapi kalau butuh pencegahan atau peningkatan kondisi wajah, kita bisa gunakan serum dengan kandungan vitamin C atau retinol, lho.

5. Pelembap

Pelembap adalah skincare yang paling penting untuk kulit kita, nih! Tanpa pelembap, kulit bakalan bermasalah banget dan enggak terhidrasi dengan baik. Alhasil, punya kulit yang flawless bakalan jadi mimpi belaka doang, deh.

Pastikan kita memilih pelembap sesuai dengan jenis kulit kita. Buat kita yang punya kulit kering, pastikan kita memakai pelembap yang creamy, sedangkan buat kita yang punya kulit berminyak, coba gunakan pelembap dengan bahan dasar air/gel yang lebih ringan di wajah. Akan jauh lebih baik kalau kita bisa membedakan krim pagi dan malam. Jadi, krim pagi lebih ringan daripada krim malam yang lebih creamy. Namun kalau enggak mau membedakan juga enggak jadi masalah, kok!

6. Sunscreen

Sunscreen adalah langkah skincare terakhir dan yang paling penting. Seperti namanya, sunscreen bakalan melindungi kulit kita dari sinar matahari yang bisa membuat kulit wajah kusam dan rusak, nih! Pastikan hanya memakai sunscreen di pagi dan siang hari serta aplikasikan minimal 2 kali dalam sehari, ya!

7. Masker Wajah

Masker wajah juga sangat penting loh! Sebelum tidur, pastikan kamu menambahkan masker wajah kedalam perawatan wajah rutin kamu ya. Sesuaikan kondisi kulit wajah dengan masker wajah yang kamu pakai. Masker wajah sangat penting bukan hanya untuk melembabkan, menutrisi, mencerahkan, hingga mengurangi jerawat.