7 Cara Membeli Sepatu Online Agar Tidak Salah Pilih!

Hampir semua barang sudah dipasarkan secara online, termasuk sepatu. Membeli secara online memang terbilang praktis, tapi kita harus bisa teliti dan jeli, juga tahu tips membeli sepatu via online agar tidak kecewa.

www.wartaekonomi.co.id

Tak soal ukuran saja, kadang tak sedikit penjual nakal yang berbohong dan menjual sepatu KW alias palsu. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut, kamu butuh beberapa tips berikut ini nih!

1. Pastikan Ukuran Kaki

Sebelum membeli sepatu via online, pastikan kamu sudah mengukur kakimu terlebih dahulu, ya. Meski suah tahu ukuran yang biasanya dipakai, tapi cara ini harus tetap dilakukan. Karena setiap brand yang berbeda pasti memiliki ukuran yang berbeda pula. Jika biasanya di brand A kamu memakai ukuran sepatu 38, di brand B ukuran sepatumu bisa lebih besar pun sebaliknya. Jadi, pastikan pengukuran kaki kamu benar, ya. Apabila anda ingin membeli sepatu untuk anak anda, ambillah sepatu anak sekolah dengan satu nomor diatas ukuran kaki anak anda. Hal ini dikarenakan kaki anak akan dengan cepat bertumbuh sehingga ukuran sepatu bisa berganti dalam waktu singkat.

2. Pilih Online Shop yang Gambarnya Dapat Dizoom

Mengapa demikian? Hal ini agar bisa memudahkanmu untuk melihat detail sepatu yang mereka jual. Selain bisa dizoom, lebih baik lagi kalau terdapat foto produk dari berbagai angle, seperti memperlihatkan jahitannya insole dan outsole agar bisa memastikan keaslian produk tersebut.

3. Beli Sepatu dengan Merek yang Sudah Pernah Dibeli

Agar lebih yakin dan aman, sebaiknya pilihlah sepatu dengan merek sama seperti yang sebelumnya kamu beli. Ini akan meminimalisir kekeliruan ketika kamu membeli dengan merek yang berbeda. Untuk detail dan modelnya, kamu bisa minta foto dari si pejual sambil dicocokan dengan gambar sepatu yang ada di website remsi merek tersebut.

4. Lihat Feedback dari Pembeli Lain

Tips membeli sepatu via online berikutnya, carilah feedback dari customer lain yang sudah membelinya lebih dulu. Biasanya, jika mereka memiliki masalah atau kendala pun rasa ketidapuasan, mereka akan menuliskan komplain di kolom komentar produk tersebut. Jadi, penting sekali untuk mengamati dengan teliti detail feedback dari customer lain sebelum membelinya. Selain itu, ini juga bisa membantumu mencari tahu online shop terbaik tanpa harus kena tipu.

5. Pilih Sepatu dengan Harga Terjangkau

Kalau mau coba-coba dan baru pertama kali membeli sepatu via online, lebih baik pilih sepatu pria murah dan terjangkau. Sehingga, jika terjadi kesalahan, kita tidak merasa terlalu rugi. Kalau ternyata cocok dengan ukuran dan kualitas yang diberikan dari brand tersebut, barulah kita bisa membeli produk dengan harga yang lebih tinggi.

6. Ketahui Aturan Return Policy

Jangan lupa dengan return policu, ya. Sebelum membeli, baca baik-baik seperti apa. Pastikan online shop tersebut memiliki aturan full refund atau pengembalian barang yang tidak ribet untuk kamu. Namun, akan lebih baik lagi, kamu bisa mencari online shop yang mempunyai aturan di mana mereka bisa mengganti barang secara gratis.

7. Jangan Malu untuk Bertanya

Biasanya setiap online shop memiliki customer service yang bisa kamu tanyakan berbagai hal. Nah, untuk meminimalisasi kesalahan dalam membeli sepatu via online, biasakan kamu berkonsultasi dan bertanya pada customer service tersebut soal ukuran kaki kamu. Kamu bisa bertanya seperti ini, “Saya biasanya pakai sepatu A ukuran xx, apakah kalau beli sepatu xx ukuran kaki saya akan sama juga?”. Jadikan salah satu brand sepatu terkenal sebagai acuanmu, siapa tahu customer service tersebut juga menggunakan sepatu yang kamu sebutkan dan mengetahui acuan pengukuran brand sepatu yang kamu mau.

Tak bisa dipungkiri, membeli sepatu di tokonya langsung memang lebih aman dan meyakinkan. Namun, tak ada salahnya jika kamu ingin membeli sepatu via online. Tapi ingat, ya. Harus teliti dan mau lebih rewel. Pastikan kamu sudah mencari ciri-ciri fisik sepatu yang mau dibeli, biar nanti bisa lebih paham ketika penjual mengirimkan foto detailnya.