Mengapa Sepatu Anak Sekolah Harus Hitam? Ternyata Ini Alasannya!

Seorang pelajar dituntut untuk berpakaian rapi dan sopan, dan baik pelajar yang masih duduk di bangku sekolah dasar sampai dengan mahasiswa yang telah duduk di bangku kuliah. Sebagian orang beranggapan bahwa penampilan merupakan gambaran kepribadian seseorang, maka dari itu pendidik selalu menganjurkan dan mengajarkan murid muridnya untuk menjaga penampilan terutama dari penampilan, penampilan pelajar tidak harus mewah dan mahal namun cukup dengan bersih dan rapi.

Terlepas dari jenis dan harga sepatu, sepatu anak sekolah cenderung bewarna hitam. Hal ini merupakan salah satu peraturan wajib dalam beberapa sekolah. Namun pernahkah anda bertanya, mengapa siswa harus memakai sepatu warna hitam?

  1. Disiplin
    Pelajar yang masih dalam proses mencari jati diri dan waktunya penanaman karakter di tanamkan, salah satunya adalah kedisiplinan menggunakan pakaian lengkap dan menggunakan sepatu berwarna hitam.

  2. Netral
    Memakai sepatu berwarna hitam memang merupakan masalah yang sepele tapi karna kita adalah seorang pelajar maka harus dibicarakan mematuhi aturan dari yang terkecil hingga yang terbesar, menggunakan sepatu berwarna hitamnya memiliki tujuan tertentu diantaranya karena warna hitam adalah warna netral dan nyambung kesemuanya jenis warna dan sepatu berwarna hitam juga terlihat rapi.

Inilah alasan sederhana dibalik penerapan sepatu anak yang diwajibkan bewarna hitam saat di sekolah. Nah dari pengalaman ini kita dapat belajar bahwa kita sebagai pelajar harus mematuhi peraturan yang ada di lingkungan kita baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat karena peraturan tersebut diadakan pasti atas alasan dan tujuan tertentu.