Dari Mana Sih Kamu Tahu Sepatu Lari yang Baik atau Tidak?

Buat kamu yang ingin memulai program berlari, mungkin hal pertama yang kamu butuhkan adalah sepatu yang tepat agar bisa berlari dengan benar dan nyaman. meskipun tidak ada satu sepatu lari yang sempurna untuk semua orang, tips ini akan membantu kamu memilih sepatu lari yang tepat agar kamu tidak cedera!

Pilih Sepatu Khusus Lari

Sepatu Lari mungkin terlihat seperti sepatu olahraga lainnya, tetapi sepatu lari memiliki teknologi khusus dan fitur desain yang membantu kamu berlari. Saat berlari, kaki kamu akan menyentuh tanah pada dasarnya dengan cara yang sama dengan setiap langkah.

Tidak seperti sepatu kets, sepatu lari dirancang untuk mencegah cedera akibat gerakan berulang-ulang ini dengan memberikan bantalan khusus untuk membantu penyerapan goncangan, serta fitur desain untuk membantu kamu berlari dengan mudah.

Dapatkan size yang tepat

Kalau kamu hanya mempertimbangkan satu faktor ketika memilih sepatu lari, hal ini seharusnya adalah pas atau tidaknya sepatu itu. Sepatu lari yang tidak pas tidak hanya akan membuat pengalaman berlari kamu menyakitkan, tetapi juga dapat menyebabkan cedera yang panjang.

Saat memilih sepatu, sepatunya harus membungkus kakimu dengan nyaman. Kaki kamu seharusnya tidak terjepit atau terasa longgar, dan kaki kamu harus dipusatkan pada dasar sepatu.

Pilih Jenis Sepatu Lari yang Tepat

Sepatu lari dirancang dengan tujuan khusus. Kamu harus memilih sepatu lari kamu berdasarkan aktivitas berlari apa yang ingin kamu lakukan. Ada Sepatu lari sehari-hari yang didesain untuk bisa buat semua jenis aktivitas berlari. Lalu ada sepatu lari lightweight yang biasanya digunakan untuk lomba (namun lebih mudah rusak). Dan juga ada sepatu sepatu yang didesain untuk berlari di tanah dan lumpur, sepatu ini biasanya memiliki gerigi sehingga memiliki grip yang lebih baik. Baik sepatu running wanita maupun pria, kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Ketahui Apa yang Kamu Bayar

Ketika berbicara tentang sepatu lari, harga sepatu yang lebih tinggi biasanya berkorelasi dengan lebih banyak teknologi dan kenyamanan, tetapi itu tidak berarti kamu harus membeli sepatu yang paling mahal untuk dapat menikmati aktivitas berlari. Namu hal yang sama juga berlaku sebaliknya, memilih sepatu yang terlalu murah bisa berarti bahwa sepatu ini tidak memiliki bahan dan teknologi yang bagus buat kamu berlari.

Sepatu lari berkualitas umumnya berkisar harga Rp 600.000 hingga diatas 2 juta. Walaupun begitu sudah banyak sepatu lari yang bagus dibawah harga Rp 400.000 dan sudah memiliki bahan dan teknologi yang cukup dengan kebutuhan berlari kamu.